Tuesday, May 14, 2013

Dari Film Porno hingga Ilmu Bermanfaat, Semuanya Ada

Internet itu seperti sebuah pedang bermata dua yang amat tajam. Jika tidak benar menggunakannya maka akan menjadikan si user menghabiskan waktu berjam-jam dan uang sia-sia. Nggak ada manfaat yang bisa diraihnya. Sayang sekali bukan? Begitulah yang sering terjadi.
Dulu saat masih kuliah dan tidak memiliki modem, saya biasa ngenet di kampus atau di warnet. Suatu hari, karena cuaca jelek, saya memutuskan ngenet di warnet tak jauh dari tempat kost. Warnet ini memiliki bilik-bilik yang sebenarnya juga tidak begitu tinggi. Tapi entah syetan apa yang sedang merasuki pelanggan di sebelah saya, dengan santainya ia menikmati film dewasa di komputer yang digunakan.
Perbuatan di atas jelas sia-sia dan tak berguna. Tapi saya tidak bisa apa-apa, cuma bisa diam saja. Terserah lu deh! Lagian gue kenal aja kagak.. menonton film begituan di internet ternyata bukan hanya hobinya lelaki, di kampus pernah tertangkap basah seorang perempuan juga sedang asik menikmati film dewasa.
Selain konten dewasa, media sosial juga bisa menjadi pemakan waktu kita. Facebook misalnya, bagaimana mungkin seseorang bisa duduk berjam-jam di depan komputer sambil facebookan. Dan kalian tahu, yang dibuka hanya beranda, profil, facebook si doi. Di tulisnya status dan berjam-jam menunggu komentar dari orang lain. Malang nih nasib si bocah. Hahaha..
Masih banyak contoh lain penggunaan internet yang tidak bijak. Nah sedangkan orang yang bisa melihat peluang dari internet, ia akan menggunakan fasilitas internet ini dengan sangat baik.
Ngeblog. Kegiatan ini jika konsisten dilakukan bisa mendatangkan manfaat untuk diri sendiri. paling tidak dari yang dulunya tak mampu menulis, dengan ngeblog bisa nulis lah dikit-dikit. Selain itu dari ngeblog akan banyak wawasan baru, teman, dan lain-lain. jika beruntung, berbagai penghargaan bisa didapatkan dari ngeblog. Yuk ngeblog!
Saat ini pengguna internet sangat banyak dan bisa dipastikan di masa depan akan menjadi semakin banyak, bukan turun. Dari sekian juta pasang mata inilah kemudian banyak yang memanfaatkan internet untuk berjualan. Barang-barang yang dijualpun bermacam-macam, mulai dari sepatu, baju, jam tangan, sepeda, motor, mobil, dan masih buanyak lagi.
Inilah yang dilakukan sahabat saya, bulan kemarin saja ia meraup pendapatan 12 juta dari internet. Emang dia jualan apa sih? Jualan informasi! Kumpulan informasi yang ia punya di burning di CD dan kemudian di jual di internet. Ternyata laris manis. Saya selalu mupeng jika melihat keberhasilannya saat ini.
Selain dua keuntungan di atas, internet juga menyediakan beragam informasi yang berguna. Sepertinya sekarang semua ada di internet. Misal, dalam dunia potograpi, saya belajar di infotografi.com. materi yang ada saya print dan saya pelajari sedikit demi sedikit.
Sekarang, pilihan ada di diri kita masing-masing. Semoga menjadi semakin bijak menggunakan internet. Amin.

No comments:

Post a Comment